Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Bagian berikut dari dokumen ini akan memberi Anda beberapa wawasan tentang bagaimana Anda dapat menggunakan dokumen ini sebagai template untuk membuat kertas karya yang tampak bagus. Tujuannya adalah untuk membuat dokumen Anda terlihat “camera ready” sehingga kami tidak perlu melakukan modifikasi apa pun. Untuk kenyamanan Anda, ringkasan elemen-elemen utama adalah sebagai berikut.

  1. Jurnal JAM menerbitkan artikel hasil penelitian yang terkait dengan ilmu ekonomi. Setiap naskah artikel yang dikirim harus melalui proses online pada sistem OJS dan direview oleh mitra bestari (Blind Peer Review)
  2. Naskah Artikel harus asli dan belum pernah dipublikasikan atau sedang diajukanuntuk dipublikasikan dalam jurnal lain. Artikel yang pernah disajikan dalam suatu forum, misalnya seminar, harus disebutkan nama forumnya.
  3. Penulisan naskahmenggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar.
  4. Panjang naskah atau artikelminimal 8 halaman dan maksimal 15 halaman Artikel harus ditulis dalam format kertas ukuran B5 (18,2 cm x 25,7 cm). Margin atas dan bawah masing-masing 2 cm dari tepi kertas. Margin kiri dan kanan masing-masing 1,5 cm dari tepi kertas. Jarak Header dan Footer masing-masing 1,27 cm dari tepi kertas.
  5. Artikel ditulis dengan ketentuan dan sistematikasebagai berikut:
    • Judul: ditulis dengan singkat dan padat, maksimum 12 kata, mengandung kata kunci, dan harus mencerminkan substansi permasalahan yang diuraikan pada batang tubuh artikel. Judul makalah harus dalam HURUF KAPITAL, dicetak tebal, di tengah dan dalam font 14 poin.
    • Nama penulis: ditulis di bawah judul, tanpa gelar. Penulis dapat individu atau tim dan semua penulis dicantumkan. Nama Penulis harus dalam huruf 12 poin, dicetak tebal dan di tengah. Harap jangan menggunakan gelar kehormatan untuk nama penulis (mis. PhD, Dr., dll.).
    • Instansi atau afiliasi: ditulis instansi/afiliasi asal penulis, dan alamat email.  
    • Abstrak: ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, maksimum 150 kata dan ditulis dalam satu paragraf yang berisi (1) tujuan, (2) metode, dan (3) hasil penelitian.
    • Kata kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, dapat terdiri atas beberapa buah kata/istilah. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan dicetak miring.
    • Batang tubuh: terdiri atas (1) pendahuluan, (2) metode, (3) hasil dan pembahasan, (4) simpulan. 1) Pendahuluan: berisi masalah penelitian, situasi ilmiah kekinian sesuai fokus masalah, dan ulasan pustaka (state of art) yang menjadi landasan penelitian); 2) Metode: berisi pendekatan/cara/metode yang digunakan; 3) Hasil dan pembahasan: berisi hasil penelitian dan pembahasan hasil yang diperkuat dengan teori dan atau temuan penelitian lain yang relevan); 4) Simpulan: berisi garis besar simpulan penelitian dan saran sejalan dengan permasalahan yang dibahas.
    • Judul Utama (Judul bab) dalam dokumen harus dalam HURUF KAPITAL, dicetak tebal dan di tempatkan di tengah dengan huruf standar 12 poin. Sub-bab harus dalam huruf kapital awal, dicetak tebal dan rata kiri (Capital Letters, bolded and left justified).
    • Daftar pustaka: diusahakan dari sumber primer (jurnal/majalah ilmiah atau laporan penelitian) dan mutakhir/terbaru. Daftar pustaka hanya mencantumkan sumber yang dirujuk di dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar pustaka. Ditulis mengunakan manajemen referensi Mendeley dan sejenisnya, dengan style APA.

 

Penulisan daftar pustaka mengikuti contoh berikut. 

 

Jurnal: nama pengarang (jika lebih dari satu kata, nama belakang yang dijadikan entri, nama tengah dan depan di tulis inisial dengan Kapital), tahun, judul artikel, nama jurnal (cetak miring), volume, nomor, dan halaman. Ditulis satu spasi dan tampa jarak antar referensi. Contoh:

Ratnasari S. L., 2017. Aktualisasi Peran Pemimpin Nasional Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pariwisata. Dimensi, Volume 6 (3): 464-474.

 

Buku: nama pengarang (jika lebih dari satu kata, nama belakang yang dijadikan entri), tahun, judul buku (cetak miring), penerbit dan kota penerbit. Contoh:  

Woodside, A.G. 2010. Case Study Research Study, Theory, Method, and Practice. Emerald Group Publishing Limited,  Boston.

 

Buku yang terdiri dari beberapa artikel. Contoh:

Winch, C. 2006. Graduate Attributes and Changing Conceptions of Learning (ed). Hager, P.& Holland, S. Graduate Attributes, Learning and Employability. Dordrecht: Springer.  hal 67-90.

 

Internet: pengarang, tahun, judul artikel, alamat situs, dan tanggal mengunduh.

Lamy, M. N. & Mortensen, H. J. 2009. Using Concordance Programs in the Modern Foreign Languages Classroomwww.ict4Jt.org/-en/enmod2-4.htm. Diunduh 22 Agustus 2018. 

 

Artikel dalam surat kabar majalah: nama penulis, tahun penerbitan, judul artikel/tulisan (dalam tanda petik), nama terbitan (dicetak miring), tanggal, dan halaman. Contoh:

Arman, S.A. 2013. Mempertimbangkan Kembali Pemberlakuan Kurikulum Baru. Kompas, 19 Januari 2013, halaman 5.

 

Penulisan Daftar Pustaka berdasarkan Alfabet, seperti berikut:

Arman, S. A. 2013. Mempertimbangkan Kembali Pemberlakuan Kurikulum Baru. Kompas, 19 Januari 2013, halaman 5.

Lamy, M. N. & Mortensen, H. J. 2009. Using Concordance Programs in the Modern Foreign Languages Classroom. http://www.ict4Jt.org/-en/enmod2-4.htm. Diunduh 22 Agustus 2018.  

Ratnasari S. L., 2017. Aktualisasi Peran Pemimpin Nasional Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pariwisata. Dimensi, Volume 6 (3): 464-474.

Winch, C. 2006. Graduate Attributes and Changing Conceptions of Learning (ed). Hager, P.& Holland, S. Graduate Attributes, Learning and Employability. Dordrecht: Springer.  hal 67-90.

Woodside, A. G. 2010. Case Study Research Study, Theory, Method, and Practice. Emerald Group Publishing Limited,  Boston.

 

Cara merujuk pengarang di dalam batang tubuh artikel menyebutkan nama belakang pengarang (sesuai entri pada daftar pustaka). Contoh: (Ratnasari, 2017) atau Ratnasari (2017).

Tabel dan ilustrasi dapat berupa gambar, grafik, diagram, peta dan foto disajikan dengan ketentuan:Ukuran gambar, grafik, tabel, dan sebagainya disesuaikan dengan ukuran kertas;Tabel menggunakan garis horisontal, tanpa garis vertikal. Judul tabel di atas tabel, diketik dari tepi kiri dan diberi nomor urut.Gambar, grafik, dan foto diberi kotak. Judul berada di bawah, diketik dari tepi kiri dan diberi nomor urut.

 

Artikel yang masuk akan diseleksi dengan ketentuan dapat diterima tanpa perbaikan, diterima dengan perbaikan, atau ditolak. Artikel yang ditolak tidak dikembalikan kecuali diminta oleh penulis.

 

TEMPLATE Jurnal JAM: Download Disini