http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/issue/feed Jurnal Akuntansi dan Manajemen 2022-09-07T03:10:02+00:00 admin jurnal@stietridharma.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM) </strong>memuat artikel ilmiah hasil penelitian bidang ekonomi dan bisnis meliputi manajemen pemasaran, keuangan, sumberdaya manusia, operasional, perusahaan, strategi, kewirausahaan, koperasi dan UKM, akuntansi, keuangan, sistem informasi akuntansi, pengauditan, perpajakan, moneter, perbankan, perekonomian internasional. Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun, Juli dan Desember.</p> <p>Redaksi mengundang sidang pembaca dari berbagai pihak, baik dosen, mahasiswa, peneliti maupun praktisi untuk turut berkontibusi dalam penulisan sehingga menjadi artikel yang semoga memberikan manfaat bagi bangsa dan masyarakat umumnya. </p> <p><strong>Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM)</strong> diterbitkan oleh <strong>Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tridharma Bandung</strong>, Jurnal ini tersedia dalam versi Online (e-ISSN: 2808-117X) dan versi Cetak (p-ISSN: 1412-4726), terbit 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun, yaitu pada bulan Juli dan Desember.</p> http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/48 Peranan Above The Line Marketing Dan Celebrity Endorser Dalam Meningkatkan Keputusan Membeli Konsumen Pada Aplikasi ecommerce Shopee 2022-09-07T01:19:24+00:00 Wawan Wirahmana wanwr58@stietridharma.ac.id Isnawan Noer Prayitno isnawannoerprayitno@stietridharma.ac.id <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>E-commerce is indeed predicted to become a trend that continues during the pandemic and continues in the new normal as it is now. With people getting used to e-commerce, business people need to give birth to various forms of creativity, innovation, and digital marketing strategies. The purpose of this study is to determine how much consumer buying decisions on e-commerce applications are influenced by above the line marketing and celebrity endorsers. This study uses an explanatory research type with a quantitative approach. The sample in this study is 100 people from shopee consumers with purposive sampling techniques and incidental samples. The data analysis method used is multiple regression analysis using IBM SPSS software version 22. The results show that there is a significant influence between Above The Line Marketing and Celebrity Endorser on Consumer Buying Decisions of 0.754.</em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>Above The Line Marketing, Celebrity Endorser And Purchase Decision</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>E-commerce memang diprediksikan akan menjadi tren yang terus berlangsung di masa pandemi dan terus berlanjut di kondisi normal baru seperti sekarang. Dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan e-commerce, maka pelaku bisnis perlu melahirkan berbagai bentuk kreativitas, inovasi, dan strategi pemasaran digital. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar keputusan membeli konsumen pada aplikasi ecommerce dipengaruhi oleh above the line marketing dan celebrity endorser. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif, Sampel pada penelitian ini merupakan 100 orang dari konsumen shopee dengan teknik pengambilan sampel purposive dan sampel insidental. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan software IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara <em>Above The Line Marketing</em> Dan <em>Celebrity Endorser</em> terhadap Keputusan Membeli Konsumen yaitu sebesar 0,754.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>Above The Line Marketing, Celebrity Endorser</em> Dan Keputusan Pembelian</p> 2022-07-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/49 Aspek Individual Dan Organisasi Yang Mempengaruhi Kinerja Organisasi 2022-09-07T02:05:12+00:00 Angelia Anggia Permata Norman 530087906@ecampus.ut.ac.id <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>In achieving targets within the organization, the results achieved depend on the performance of the organization itself. Therefore, the success of the organization is highly dependent on how the organization processes its human resources. Performance is the result achieved by analyzing at the extent to which the target goals have been fulfilled. In the process of gaining those targets, performance is influenced by internal and external factors. This paper is willing to discuss more deeply about the internal factors of the members of the organization itself individually or in groups. Comprehending the factors that affect the performance of individuals and groups in organizations is an important study to be done due to of each individual has their own uniqueness and group behavior is a way of thinking together group members to deal with work issues.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>:</em> <em>Individual And Organizational Aspects, Organizational Performance</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Dalam mencapai target dalam organisasi, hasil yang diraih tergantung kepada kinerja organisasi itu sendiri. Karena itu keberhasilan organisasi sangat bergantung kepada bagaimana organisasi tersebut mengolah sumber daya manusianya. Kinerja merupakan hasil yang dicapai dengan melihat sejauh mana target tujuan sudah terpenuhi. Dalam proses pencapaian tesebut, kinerja dipengaruhi oleh faktor- faktor internal dan eksternal. Makalah ini akan membahas lebih mendalam mengenai faktor internal dari anggota organisasi itu sendiri secara individu maupun kelompok. Memahami faktor yang mempengaruhi kinerja individu maupun kelompok dalam organisasi merupakan studi yang&nbsp; penting untuk dilakukan karena setiap individu memiliki keunikannya masing-masing dan perilaku kelompok merupakan cara berpikir bersama-sama anggota-anggota kelompok untuk menghadapi persoalan kerja.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Aspek Individual Dan Organisasi, Kinerja Organisasi</p> 2022-07-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/50 Pengaruh Current Ratio (Cr), Debt To Equity Ratio (Der) Dan Return On Asset (Roa) Terhadap Price To Book Value (Pbv) Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif 2022-09-07T02:25:06+00:00 Yoyo Sudaryo y.sudaryo2@gmail.com Suhendar suhendar@stietridharma.ac.id Muhammad Yusuf muhammadyusuf@stietridharma.ac.id Kharina Suciana 9g.kharina.suciana@gmail.com Mohamad Arfiman Yosep Arfiyosep777@gmail.com Mohd Hassan Che Haat hassan@umt.edu.my Zikri Muhammad zikri@umt.edu.my Mohd Yusoff Yusliza yusliza@umt.edu.my Jumadil Saputra jumadil.saputra@umt.edu.my <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>Automotive Industry is an industry with activities of designing, developing, producing, marketing and selling as well as carrying out after-sales of motorized vehicles. Along with the times and the current era of globalization, business competition between companies, especially automotive companies, has become very tight. The purpose of this study was to determine the effect of Debt to Equity Ratio and Return on Assets on Price To Book Value in automotive sub-sector manufacturing companies for the 2015-2020 period. The research method used is a quantitative method with a descriptive and verification approach. The data source used is secondary data. In this study, the population used is the annual financial statements of Indonesian automotive companies during the 2015-2019 period, with purposive sampling as a sample. It is known for each value of Current Ratio, Debt to Equity Ratio and Return on Assets based on descriptive analysis, namely (1) Current Ratio means 1.71% and standard deviation is 0.975% (2) Debt to Equity Ratio has a mean of 1.55 % and a standard deviation of 1.053% (3) Return on Assets has a mean of 7.50% and a standard deviation of 8.47% (4) Price to Book Value has a mean of 1.12% and a standard deviation of 1.21% . The results showed that Price to Book Value and Debt to Equity Ratio were in the healthy category, Current Ratio and Return On Assets were in the unhealthy category. From the results of the regression test, which shows that the Current Ratio has a significant effect on Price to Book Value with a contribution of 74.8%, Debt to Equity Ratio has an effect on Price to Book Value with a contribution of 65.5%, and Return On Assets has an effect on Price to Book Value with a contribution of 64.8%. Simultaneous regression test results show Current Ratio, Debt to Equity Ratio and Return On Assets have a significant effect on Price to Book Value with a contribution of 81.1%.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Assets and Price to Book Value</em></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Industri Otomotif adalah industri dengan kegiatan merancang, mengembangkan, memproduksi, memasarkan dan menjual serta melakukan purna jual kendaraan bermotor. Seiring dengan perkembangan jaman dan era globalisasi saat ini menjadikan persaingan bisnis antar perusahaan khususnya perusahaan otomotif menjadi sangat ketat. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio&nbsp; dan Return on Assets terhadap Price To Book Value&nbsp; pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif periode 2015-2020.&nbsp; Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder. Populasi yang digunakan yaitu laporan keuangan tahunan perusahaan otomotif Indonesia selama Periode 2015-2019, dengan pengambilan sampel purposive sampling. Diketahui untuk masing-masing nilai Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan Return on Assets berdasarkan analisis deskriptif yaitu (1) Current Ratio mean 1,71% dan standar deviasi sebesar 0,975% (2) Debt to Equity Ratio memiliki mean sebesar 1,55% dan standar deviasi sebesar 1,053% (3) Return on Assets memiliki mean sebesar 7,50% dan standar deviasi sebesar 8,47% (4) Price to Book Value memiliki mean sebesar 1,12% dan standar deviasi sebesar 1,21%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Price to Book Value dan Debt to Equity Ratio berada dalam kategori sehat, Current Ratio dan Return On Assets berada dalam kategori tidak sehat. Dari hasil uji regresi, yang menunjukkan bahwa Current Ratio berpengaruh signifikan terhadap Price to Book Value dengan kontribusi sebesar 74,8%, Debt to Equity Ratio berpengaruh terhadap Price to Book Value dengan kontribusi sebesar 65,5%., dan Return On Assets berpengaruh terhadap Price to Book Value dengan kontribusi sebesar 64,8%. Hasil uji regresi secara simultan menunjukkan Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan&nbsp; Return On Assets&nbsp; berpengaruh signifikan terhadap Price to Book Value dengan kontribusi sebesar 81,1%</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Asset dan Price to Book Value</p> 2022-07-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/51 Efisiensi Biaya Produksi Melalui Penerapan Just In Time Pada Produk Hazmat Di PT. Raja Prakasa Semesta 2022-09-07T02:31:48+00:00 Fajar Rahadian fajarrahadian@stietridharma.ac.id Isnawan Noer Prayitno isnawannoerprayitno@stietridharma.ac.id <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>In manufacturing companies, production activities are an important factor in the company's success. In order to implement process efficiency, PT. Raja Prakasa Semesta uses the Just In Time method to reduce unnecessary and redundant production costs. Where this method is focused on good raw material and inventory management so as to improve the production process and production quality that provides the desired level of production cost efficiency by the company. This study aims to determine how much influence Just In Time (Variable X) on Production Cost Efficiency (Variable Y) on Hazmat products at PT. Raja Prakasa Semesta. This study uses quantitative methods with non-probability sampling technique through saturated sampling as many as 41 people. The results of the research show that there is a significant effect of 0.597 or 59.7% of the Just In Time (X) variable on the Production Cost Efficiency (Y) variable on Hazmat Products at PT. Raja Prakasa Semesta.</em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>Production Cost Efficiency, Just In Time</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Pada perusahaan manufaktur&nbsp; kegiatan produksi merupakan faktor penting&nbsp; dalam keberhasilan perusahaan. Dalam rangka melaksanakan proses efisiensi, PT. Raja Prakasa Semesta menggunakan metode Just In Time untuk&nbsp; mengurangi biaya produksi yang&nbsp; berlebihan dan tidak diperlukan. Dimana metode ini difokuskan pada pengelolaan bahan baku dan persediaan yang baik sehingga mampu meningkatkan proses produksi dan kualitas produksi yang memberikan tingkat efisiensi biaya produksi yang diinginkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh <em>Just In Time</em> (Variabel X) terhadap Efisiensi Biaya Produksi (Variabel Y) pada produk Hazmat di PT. Raja Prakasa Semesta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik <em>non probability sampling</em> melalui pengambilan sampel jenuh yaitu sebanyak 41 orang. Hasil penellitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 0,597 atau 59,7%&nbsp; variabel <em>Just In Time</em> (X) terhadap variabel Efisiensi Biaya Produksi (Y) Pada Produk Hazmat Di PT. Raja Prakasa Semesta.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Efisiensi Biaya Produksi, <em>Just In Time</em></p> 2022-07-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/52 Analisis Hubungan Rantai Pasok Komoditas Tomat Dengan Tinjauan Kualitas Pada PT Agroindustri ABC 2022-09-07T03:00:50+00:00 Aldi Adi Pratama aldiadipratama20839aldi@apps.ipb.ac.id Kaniaareta Sadya Zafira kaniaareta@gmail.com Rachma Deviani rachma.devv@gmail.com <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>This study aims to prove the relationship between quality handling of cherry tomatoes must always be tied to the supply chain review system at PT Agroindustri ABC. This research uses a descriptive approach, with a sampling technique using purposive sampling or sampling that is done intentionally. As well as Focus Group Discussion (FGD), which is a general participatory approach in the field to be used as visualization as well as collecting data or information and general assessment in the field by means of two-way group discussions. The data analysis used is descriptive with two stages, namely descriptive or descriptive from open questions and compiling answers to open questions posed in the questionnaire to describe the supply chain and quality of cherry tomatoes. As a result, the level of need for handling agricultural commodities such as tomatoes must be quality oriented when it has rolled down the delivery supply chain. The company is obliged to maintain the quality of the commodity when it is in the delivery process, even though a quality review has been carried out internally by the company. Such as vibration frequency, packaging, and waiting time for maturity. In addition, it is possible for the company to change the method of packaging for the climacteric group if the reach of market partners or entrepreneurs is said to be very far in terms of distance. Because the non-climacteric groups at low temperatures such as tomatoes can prevent quality degradation so that they can maintain the green color of tomatoes longer than climacteric.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>:</em> <em>Agroindustry, Market, Supply Chain, Cherry Tomatoes, Quality</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan membuktikan hubungan penanganan kualitas tomat ceri harus selalu terikat dengan sistem tinjauan rantai pasok pada PT Agroindustri ABC. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling atau pengambilan sampel yang dilakukan secara sengaja. Serta Focus Group Discussion (FGD), yaitu pendekatan partisipatif secara umum di lapangan untuk dijadikan viusalisasi serta mengumpulkan&nbsp; data atau informasi dan penilaian secara umum di lapangan dengan cara diskusi kelompok dua arah. Analisis data yang di gunakan yakni deskriptif dengan dua tahap yaitu deskriptif atau bersifat uraian dari pertanyaan terbuka dan menyusun jawaban dari pertanyaan terbuka yang diajukan dalam kuisoner untuk menggambarkan rantai pasokan dan kualitas tomat ceri. Dengan hasil tingkat kebutuhan penanganan komoditas pertanian seperti tomat harus berorientasi pada kualitas ketika telah bergulir pada rantai pasok pengiriman. Perusahaan berkewajiban menjaga kualitas komoditas ketika dalam proses pengiriman, meskipun telah dilakukan peninjauan mutu di internal perusahaan. Seperti frekuensi getaran, pengemasan, dan waktu tunggu kematangan. Selain itu perusahaan dimungkinkan untuk mengganti metode pengemasan golongan klimakterik apabila jangkauan mitra pasar atau pengusaha dikatakan sangat jauh terkait jarak tempuh. Karena golongan non-klimakterik pada suhu rendah seperti tomat dapat mencegah terjadinya penurunan kualitas sehingga dapat mempertahankan warna hijau tomat lebih lama dibandingkan klimakterik.</p> 2022-07-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/53 Implementasi Strategi Digital Marketing Yuliastore Olshop, Desa Sukawening, Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung 2022-09-07T03:10:02+00:00 Siti Titta Partini tittasiti@gmail.com Irwan Gustiana irwan.gustiana@stietridharma.ac.id <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>Many Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia have experienced a decline in sales, apart from the COVID-19 pandemic due to other factors. In order to survive and increase sales again, an effective and appropriate digital marketing strategy is needed. Likewise with Yuliastore Olshop which runs its business in Ciwidey District, Bandung Regency. The research aims to find out how Yuliastore Olshop implements its digital marketing strategy, what obstacles it faces and how to plan to overcome them as a solution to these obstacles. This type of research is qualitative, the data needed are primary and secondary data, with observation and interview data collection techniques. Data analysis technique is done by collecting data, reducing data, presenting data and finally drawing conclusions or conclusions.</em></p> <p><em>The results showed that the digital marketing strategy carried out by Yuliastore olshop was using the Akulaku, Shopee and Lazada marketplaces, Search Engine Optimization (SEO), PPC (pay per click) advertising, development strategies and social media. Meanwhile, digital marketing strategies in the form of websites and e-mail marketing have not been implemented. The obstacles faced are price competition and lack of manpower to manage the platform. The plan to overcome the existing obstacles is to reproduce most of the products to be sold in the most efficient way (makloon) in order to be able to compete in setting selling prices and adding workers as needed. In this case, it is recommended to increase product innovation and differentiation so that it has a competitive advantage so that the digital marketing strategy that is carried out can effectively increase the sales value again.</em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>&nbsp;Implementation, Digital</em><em> Marketing</em><em>, </em><em>Strategy, </em><em>Olshop, </em><em>Marketplaces.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia banyak yang mengalami penurunan penjualan, selain&nbsp; akibat pandemi COVID-19 juga disebabkan faktor lainnya.&nbsp;&nbsp; Agar dapat survive dan meningkatkan lagi penjualannya, perlu <em>strategi digital marketing</em> yang efektif dan tepat. Demikian juga dengan Yuliastore Olshop yang menjalankan bisnisnya di Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung.&nbsp; Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana Yuliastore Olshop meng<em>implementasi</em>kan <em>strategi digital marketing</em>nya, kendala apa yang dihadapi dan bagaimanakah rencana penanggulangannya sebagai solusi dari kendala tersebut.&nbsp; Jenis penelitian adalah kualitatif, data yang dibutuhkan yakni data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Teknik Analisa data</p> <p>dilakukan dengan cara data collection, data reduction, data display dan terakhir adalah conclusions atau kesimpulan.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>strategi digital marketing</em> yang dilakukan oleh Yuliastore olshop adalah menggunakan <em>marketplace</em> Akulaku, Shopee dan Lazada, &nbsp;Search Engine Optimization (SEO),&nbsp; periklanan PPC (pay per click), Strategi afiliasi dan media sosial.&nbsp; Sedangkan <em>strategi digital marketing</em> berupa website dan e-mail marketing belum diimplementasikan. Kendala yang dihadapi adalah persaingan harga dan kurangnya tenaga kerja untuk mengelola platform. Rencana penanggulangan terhadap kendala yang ada adalah dengan memproduksi kembali sebagian besar produk yang akan dijualnya dengan cara yang paling efisien (makloon) agar dapat bersaing dalam menetapkan harga jual dan menambah tenaga kerja sesuai keperluan.&nbsp;&nbsp; Dalam hal ini disarankan untuk meningkatkan inovasi produk dan diferensiasi sehingga memiliki keunggulan kompetitif agar <em>strategi digital marketing</em> yang dilakukan dapat secara efektif meningkatkan kembali nilai penjualannya.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>Implementasi, D</em><em>igital Marketing, </em><em>Strategi, </em><em>Olshop, </em><em>Marketplace. </em></p> 2022-07-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022