Jurnal Akuntansi dan Manajemen http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam <p><strong>Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM) </strong>memuat artikel ilmiah hasil penelitian bidang ekonomi dan bisnis meliputi manajemen pemasaran, keuangan, sumberdaya manusia, operasional, perusahaan, strategi, kewirausahaan, koperasi dan UKM, akuntansi, keuangan, sistem informasi akuntansi, pengauditan, perpajakan, moneter, perbankan, perekonomian internasional. Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun, Juli dan Desember.</p> <p>Redaksi mengundang sidang pembaca dari berbagai pihak, baik dosen, mahasiswa, peneliti maupun praktisi untuk turut berkontibusi dalam penulisan sehingga menjadi artikel yang semoga memberikan manfaat bagi bangsa dan masyarakat umumnya. </p> <p><strong>Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM)</strong> diterbitkan oleh <strong>Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tridharma Bandung</strong>, Jurnal ini tersedia dalam versi Online (e-ISSN: 2808-117X) dan versi Cetak (p-ISSN: 1412-4726), terbit 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun, yaitu pada bulan Juli dan Desember.</p> en-US jurnal@stietridharma.ac.id (admin) irwan.gustiana@stietridharma.ac.id (Irwan Gustiana) Fri, 24 Sep 2021 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PT. GOODRICH PINDAD AEROSPACE SYSTEMS INDONESIA http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/37 <p><em>Kemajuan suatu organisasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia khususnya</em><em> pegawa</em><em>i dan </em><em>Lingkungan kerja memberikan pengaruh yang kuat terhadap prestasi kerja pegawai pada PT. Goodrich PASI dimana semakin baik kondisi lingkungan kerja akan meningkatkan prestasi kerja pegawai.</em> <em>Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, yaitu data yang di kumpulkan sebanyak 70 responden pada pegawai PT. Goodrich PASI berdasarkan Umur, Pendidikan, dan Lama Bekerja dengan tujuan untuk menggambarkan, menjelaskan serta </em><em>menguji</em> <em>hipotesis</em><em>. </em><em>M</em><em>etode analisis </em><em>data </em><em>yang digunakan adalah analisis statistik yaitu </em><em>melalui a</em><em>nalisis </em><em>r</em><em>egresi </em><em>linier </em><em>sederhana dan diproses dengan menggunakan software SPSS IBM Statistic 20.</em></p> <p><em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan Kerja di PT. Goodrich PASI termasuk dalam kriteria “BAIK” dengan melihat skor sebesar 1076 berada pada interval “953-1176”. Prestasi Kerja berdasarkan responden termasuk dalam kriteria “TINGGI” ini dapat dilihat dari nilai total jumlah skor sebesar 1097 berada pada interval “953-1176”</em></p> Dedeh Komalasari, Indriawan Copyright (c) 2021 http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/37 Wed, 22 Sep 2021 00:00:00 +0000 PERANAN STRUKTUR PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/36 <p><em>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan struktur pengendalian internal dalam menunjang prosedur pemberian kredit di Koperasi&nbsp; Kredit Mitra Usaha Sejahtera, Rahastra-C. Yang menjadi latarbelakang penelitian ini karena adanya fenomena atau masalah kredit macet di beberapa perbankan atau koperasi di Indonesia serta pengajuan kredit yang meningkat karena beberapa faktor misalnya kebutuhan hidup semakin tinggi, maka pengajuan kredit terus bertambah. </em></p> <p><em>Metedologi penelitian yang dipergunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data diperoleh dari data primer yaitu wawancara, pengamatan, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan dari penelitian, struktur pengendalian internal pada Koperasi&nbsp; Kredit Mitra Usaha Sejahtera, Rahastra-CU sudah cukup memadai dikarenakan unsur-unsur struktur pengendalian internal sudah dijalankan dengan baik.</em></p> Siti Junaesih, Tati S. Bisri Copyright (c) 2021 http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/36 Wed, 22 Sep 2021 00:00:00 +0000 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PETUGAS BAGIAN KREDIT TERHADAP KEPUASAN DEBITUR PADA PT. BPR KENCANA BANDUNG http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/38 <p style="text-align: justify;"><em>Dengan meningkatnya kredit bermasalah, maka pihak BPR Kencana Bandung mengefektifkan pelayanan dari petugas bagian kredit . Petugas bagian kredit dituntut untuk dapat melakukan pelayanan yang berkualitas yang dapat memuaskan&nbsp; para debitur yang memiliki kredit bermasalah. </em></p> <p style="text-align: justify;"><em>Metode penelitian yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pengumpulan data lapangan (field Research), yaitu memperoleh data primer dan sekunder dengan cara melakukan penelitian secara langsung ke BPR Kencana Bandung untuk memperoleh gambaran, data atau&nbsp; hal tertentu pada suatu objek yang diteliti pada saat sekarang. Penelitian dengan metode ini mendapatkan gambaran yang sistematis, faktual dan akurat terhadap fakta–fakta dan sifat–sifat objek yang diteliti. Cara pengambilan sampel dengan teknik Sampling Aksidental. Mengingat pentingnya kualitas pelayanan dari petugas bagian kredit dalam menangani debitur maka penulis mengadakan penelitian dengan judul : “Pengaruh&nbsp; Kualitas Pelayanan Petugas Bagian Kredit Terhadap Kepuasan Debitur Pada BPR Kencana Bandung”.</em></p> Gita Vania Andriani, Fernando Copyright (c) 2021 http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/38 Wed, 22 Sep 2021 00:00:00 +0000 DAMPAK MOTIVASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG BANDUNG SUCI http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/39 <p style="text-align: justify;"><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak motivasi terhadap prestasi kerja di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung Suci. analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas linear sederhana, uji t, dan koefisien deteminasi.</em></p> <p style="text-align: justify;"><em>Sebagaimana hasil penelitian yang telah dilakukan tentang pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung Suci memiliki data yang normal, persamaan linear sederhana Y= 18.89 + 0.70 X dengan konstanta positif maka dapat diartikan apabila nilai independen diasumsikan konstan maka nilai dependen akan&nbsp; naik. Memotivasi </em><em>berpengaruh terhadap </em><em>prestasi karyawan</em><em> yang artinya jika </em><em>motivasi</em><em> naik maka akan di ikuti dengan naiknya </em><em>prestasi karyawan</em><em>.</em></p> <p style="text-align: justify;"><em>Berawal dari uraian di atas, maka menarik untuk diadakan suatu penelitian mengenai pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja karyawan. Sehingga penelitian ini mengambil judul <strong>“DAMPAK MOTIVASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI </strong><strong>BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG BANDUNG SUCI”.</strong></em></p> Riki Akhmad, Abdul Abdurrahman Copyright (c) 2021 http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/39 Wed, 22 Sep 2021 00:00:00 +0000 Dampak Promosi Jabatan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada Bank bjb KC Soreang http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/40 <p style="text-align: justify;"><em>Bank bjb adalah mitra para pegawai baik swasta maupun pemerintah baik wirausahawan maupun pribadi</em><em>. </em><em>Melalui pelayanan yang berbeda dengan bank lainnya melalui personal selling diharapkan bank bjb dapat meraih nasabah lebih besar dan meraih laba dalam jangka panjang.</em> <em>Metode penelitiannya adalah deskriptif dan </em><em>survey</em><em> melaui penyebaran kuesioner. Dengan sampel yang diambil sebanyak 30 orang responden. Analisi data untuk identifikasi satu, dua dan tiga dengan deskripsi dan analisia data ke empat dan kelaima menggunakan rank psearman dan koeifisien determinasi</em><em>.</em></p> <p style="text-align: justify;"><em>Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi jabatan mencapai skor keseluruhan sebesar 1217. Skor maksimal adalah 5X30X10=1500. Skor keseluruhan dibandingkan dengan skor maksimal tercapai 1217/1500 = 81,13%. Secara keseluruhan motivasi dari responden tercapai sebesar 81,13%</em><em>. Sedangkan </em><em>motivasi kerja karyawan yang dirasakan responden mencapai skor keseluruhan sebesar 1248. Skor maksimal adalah 5X30X10=1500. Skor keseluruhan dibandingkan dengan skor maksimal tercapai 1248/1500 = 83,2%. Secara keseluruhan motivasi dari responden tercapai sebesar 83,2%</em><em>. </em><em>berarti secara empiris dapat dibuktikan bahwa&nbsp; promosi jabatan berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan.</em></p> Vika Hendrawati, Maya Mulyasari Copyright (c) 2021 http://jurnal.stietridharma.ac.id/index.php/jam/article/view/40 Wed, 22 Sep 2021 00:00:00 +0000